Monday 12 May 2008

Accidentally in love…with cooking :)


“weed…bangun weed. Anterin ibu ke pasar. Ayo weed bangun…. jangan males ah.” Hoaemmm rasanya baru mak ler eh udah ada yang mbangunin di pagi buta (jam 7 tu pagi buta bukan ya, hehehe). Terpaksa deh demi manjaga kedamaian di muka bumi eh rumah, weed bangun juga dengan langkah gontai ke kamar mandi. Mandi? Engga juga tuh, cuma gosok gigi, cuci muka n ganti baju aja. Ahhh cuman ke pasar ini, ngapain mandi wangi gitu loh (ini nih ciri-ciri orang males…hehe). Setelah mengumpulkan nyawa n tenaga akhirnya berangkat juga nganterin ibu ke sebuah pasar yang berjarak kira-kira 3 kilo dari rumah. Weed ini agak kurang hobi kalo diajak ke pasar soalnya waktu kecil di Jakarta sukanya diajak ibu ke pasar yang menurut weed kurang representative untuk disebut tempat belanja kebutuhan pokok. Dulu rumah weed di daerah Jakarta timur, trus ada dua pasar gede di daerah situ. Yang satunya weed lupa namanya apa, klo yang satunya lagi namanya pasar kramat jati (yang orang Jakarta tau dunk). Di pasar pertama yang weed sebutin itu, adudududududu benci banget kalo ibu dah ngajak belanja ke pasar itu. Emang sih pasarnya lengkap tapi itu lohhhhhh, jebloknya minta ampun. Sampe akhirnya weed punya sebutan buat pasar itu. Pasar becek. Yup, itulah nama yang cocok buat itu pasar. Weed pernah sebel deh ama itu pasar, saking jeblok n becek itu pasar,, sampe2 tanah (lumpur kali ya) yang diinjak orang-orang itu nempel ke sandal mereka. Pernah tuh sekalinya sandal weed terperangkap dengan suksesnya di jeblokan itu. Grrrrrrrrrrrrrrrrrrr bikin sebel aja. Akhirnya kalo ibu ngajak ke pasar itu, weed milih nunggu di tukang es telor kodok langganan weed (eh telor kodok disini maksutnya selasih,,, itu loh yang item kecil2 trus dicampur sama sesuatu yang bentuknya kotak2 warna pink. Ihhh enak bgt deh). Nah sejak itu weed paling males klo diajak ke pasar. Mana crowded n sumpek pula (FYI weed aga phobia ma crowd di tempat yang kecil n sumpek). Akhirnya kalo ibu minta anterin ke pasar, weed nungguin aja di mobil. Ihhh jahat ya si weed ini ama ibunya. Yah tapi gimana lagi,,,lha wong ga seneng je klo ke pasar. Hehehe. Tapi weed ga anti pasar kok. Sesekali mau juga masuk pasar buat nemenin ibunda tercinta ==tapi biasanya jalannya jadi buru2 n ga enjoy gitu==. Tapi kadang mo juga nemenin orang2 yang minta dianterin ke pasar beringharjo n klo weed butuh sesuatu yang adanya cuma disana, tapi ya itu tadi,,,di dada weed tuh rasanya gelisah aja gitu. Rasanya pengen cepet-cepet keluar dari pasar (tau sendiri kan pasar beringharjo klo pas liburan sumpeknya kayak apa,,,mirip ikan cuwek dipindang trus ditaro di wajan kecil).

Loh kok jadinya malah ngomongin pasar ya? Eh tapi masih ada hubungannya kok. Nah pas sampe di pasar apalagi klo weed berhasil nemenin ibu sampe ke dalem pasar, biasanya ibu bakal ngasi reward ke weed (gyahahaha,,,macam perlombaan aja). Rewardnya terserah weed mo milih apa. Biasanya sih weed milih minta dibeliin ikan (apa aja kecuali ikan asin) trus minta dimasakin ikan sama ibu. Tapi eh tapi… pagi tadi weed ga milih ikan, soalnya mata weed melihat sesuatu yang besar n membuat weed menelan ludah…cleguk..gitu bunyinya dari kerongkongan weed. Apakah itu? Yup, weed melihat temannya spongebob which is squidward yang nyebelin itu. Pada tau squidward kan ya? Itu loh cumi-cumi. Tapi buat weed kali ini si squidward itu ga bakal nyebelin deh kalo buat di perut. Nyammm….akhirnya kita beli cumi n langsung pulang. Sampe rumah dah kepikiran klo mo bikin oseng-oseng cabe ijo yang super pedas. So pasti, ibu seneng banget liat weed yang mo terjun langsung ke dapur buat masak..hehe. Mulai deh ibu mendikte bumbu2 yang kudu dimasukin buat bikin oseng2 (ya ampun si weed yang umurnya hampir ¼ abad ga tau bumbu buat bikin oseng2…bertobatlah weed…). Tapi tiba-tiba weed inget selaen dibuat oseng-oseng cabe ijo
pastinja si cumi-cumi itu harus digoreng tepung yang namanya calamari. Untung kapan hari itu ada orang yang ngasi resep beserta tips n trik bikin fried chicken ala KFC. Jadi bumbu n tips&triknya bisa dipake. Akhirnya setelah berkutat selama 1 jam lebih. Cumi oseng cabe ijo n calamri weed akhirnya jadi juga. Dan rasanya not bad at all, weed lumayan bangga juga ma hasil karya weed yang haute cauture itu…haha. Osengnya rasa pas n pedes (yang jelas rasanya ga ancur…serius ni) calamarinya bumbunya pas n rasanya enak. Overall rasanya mak nyos. Wanna try? Sayang udah ludes diembat sodara-sodara yang tidak diduga2 nongol alias njedhul di rumah. Tau aja mereka da makanan enak di rumah. Weed sendiri cuma kebagian dikit…biasa nasib yang masak biasanya gitu. Gara-gara sukses bikin masakan2 itu,,weed jadi jatuh cinta ma dunia masak memasak. Selama ini Cuma biasa masak nasi goreng (tapi menurut tantenya weed, itu dah lulus buat level nasi goreng sederhana (bukan nasgor special loh)). Hmmm tapi weed sebenernya spesialis bikin skotel mie (yang ada campuran daging asap, sosis, kacang polong, susu, keju), tapi karena itu bukan jenis makanan yang dimasak sehari-hari so ga tiap hari buatnya, kalo ada event penting aja. Nah berarti kalo diitung2, weed dah menguasai 4 macam masakan (pernah bikin kepiting asam manis sih,,tapi ribet ah,,kalo masak kudu ngadep resep). Weed sih pengennya bisa menguasai semua jenis masakan (weed sadar dong,,ga ada orang yang sempurna) trus masakin buat keluarga weed (cuit..cuit…how lovely…).

Weed salut deh sama ibu rumah tangga yang tiap hari rela bingung buat masakin keluarganya. Soal terus terang aja, weed yang tinggal bertiga ma bapak ibu aja suka dicurhatin ibu yang bingung mo masak apa. Si bapak sukanya masakan yang ga pedes n jawa banget (lodeh, jangan gori, brongkos, bacem tempe tahu, gudheg) sedangkan si weed sukanya masakan yang pedes dan tidak terlalu berambisi sama yang namanya sayur n makanan manis. Biasanya sih ibu mbuatin masakan dua macem. Yang ga pedes n pedes. Kasian juga ya ibu weed. Tapi weed selalu berusaha masak masakan ibu kok, sampe kadang2 dibawa juga buat bekal ke kampus (walopun dah S2, weed ga malu buat bawa bekal ke kampus). Semoga pada saatnya nanti weed bisa jadi wanita (eh perempuan ya yang bener mas?) yang bisa masak ga cuma makan n menikmati aja. Amin.

ini dia poto-poto masakan weed yang ga seberapa itu....hehehe :)


2 comments:

meigi_klik said...

wah kayanya enak tuh mbak weed...
ajarin dunk....
bagi resepnya...
kata mb chan, orang yg suka berbagi bakal lebih pintar lagi.
setuju tho mbak weed????
ayo resepnya....
o, y baca blogku di www. meigi_klik.blogspot.com
oke. and...leave your comment.
klik.

herp said...

susah mau kasih comment buat tulisan yang satu ini. abis keyboardnya korslet mulu kebanjiran air liur hehehe... kita tunggu kiprah weed di resep yang ke lima dan seterusnya!