Monday 12 May 2008

Help…We need a nanny to rescue our family!



Gila. Itu 1 kata yang bisa weed ucapin waktu nonton acara tv Nanny 911 di Metro TV setiap hari Sabtu & Minggu jam 4. Bener-bener deh…ampun banget liat keluarga2 yang ditampilin di Nanny 911. Emmm mungkin pada bingung ya buat yang belon tau Nanny 911 tu apa (ooops ini bukan iklan dari Metro lo..wekeke). jadi Nanny 911 itu adalah sebuah reality show yang membantu keluarga-keluarga dengan problematikanya dalam menghadapi anak-anak mereka. Trus ada sebuah tempat yang bernama Nanny Central yang isinya ada 3 Nanny dari British dengan karakteristik masing-masing yaitu Nanny Deb, Nanny Stella, n Nanny Yvone. Semua Nanny entu dah berpengalaman di bidangnya selama puluhan tahun. So, they have more experiences than the newborn families on that reality show. Nanny itu bertugas membantu keluarga (di Amerika) yang butuh pertolongan mereka dalam mengasuh anak2nya. Syerem2 juga tuh keluarga, ga pernah kepikiran sih kalo di Amerika ternyata anak-anaknya banyak yang perilakunya barbar juga. Kiarin cuma di Negara berkembang doang yang anaknya super duper nakal. Hehehe…

Waktu weed nonton acara nanny 911 buat pertama kalinya, weed melongo semelongo-longonya n geleng-geleng kepala sambil mulut komat kamit bilang ck..ck..ck..ck…(bukan singkatan calvin klein loh, bisa monyong bibir weed bilang gitu mulu..hehe). Buat yang nonton pasti juga terperanjat keheranan (bahasamu weed..weed..). Lah gimana ga manjat eh terperanjat…itu anak-anak nuakale pollllllllllll. Kasus di keluarga2 itu biasanya anak2nya super nakal yang sukanya mukul, ngomongnya bersumpah serapah, gak menghormati mamanya, and do what they wanna do, no discipline and respect at all in the family. Kebanyakan kasus sih pada intinya ayah yang merasa bahwa ngurus rumah tu tugas ibu. Trus si ayah yang gak menghargai ibu, so jadi deh anak2 juga ngikutin ga menghargai n menghormati ibu mereka. Nah si ibu biasanya tipe-tipe yang Jawa banget (bayangin dong mereka orang Amerika tapi kok kultur bisa sama ama orang Jawa). Jadi si ibu biasanya nurutin kemauan si anak ,,, nrimo-nrimo aja mo diapain ama si anak. Mo dipukul, diludahin, diinjek-injek pokoke manut wae. Kalo keluarga itu dah ga tahan lagi ama perilaku anak2nya n mereka semakin ga bisa ngatur anak-anak mereka biasanya keluarga itu telpon nanny 911 and minta bantuan mereka. Langsung deh kayak ambulan nannynya dateng.

Begitu si nanny dateng, biasanya 1 hari dipake sama nanny buat observe kegiatan n perilaku yang terjadi di keluarga itu. Setelah satu hari biasanya si nanny dah dapet ide mo diapain itu keluarga. Pastinja dengan peraturan2 baru dong. Trus peraturan2 itu coba dilaksanakan. Tapi biasanya ga mudah lo masukin peraturan2 baru. pada tahap ini biasanya ada semacam resistance to change dari sang ibu. Ya iyalah si ibu kan merasa dia yang tau anak2nya, kok bisa2nya ada orang luar yang dengan entengnya nyuruh ini itu. Yah gitu deh biasanya selama seminggu (si nanny di rumah itu Cuma seminggu aja) keluarga yang bermasalah itu berusaha align sama peraturan2 baru n pada akhirnya satu keluarga bisa sadar kalo mereka kudu berubah jadi keluarga yang saling menghargai. Trus yang weed amatin dari episode ke episode, masalah setiap keluarga tuh intinya sebenernya sama. Komunikasi. Yup, si ayah n si ibu ga pernah berkomunikasi secara transparan bagaimana seharusnya mereka mengasuh anak2 mereka. Si ayah pake cara A n si ibu pake cara B. jadinya anak2 malah bingung musti ngikutin yang mana n sebagai pelampiasan ya itu tadi tindakan yang barbar. Weed masih inget banget lo ada satu keluarga yang anaknya kembar semua. Jadinya ada 3 pasang kembar di keluarga itu. Buset dah hare genee anaknya 6. Jadinya pasangan kembar yang pertama tu cewe tapi anak adopsi. Trus pasangan kembar kedua tu hasil bayi tabung. Nah pasangan kembar yang ketiga itu bener-bener dateng dari rahim si ibu,,,semacam miracle lah. Tapi buset deh itu anak-anak kembar nakal semua padahal kembar yang pertama tuh dah lumayan gede. 10 taonan gitu. They don’t have have any respect to their parents and even the adopted twins not respected their parents at all(anak kembar adopsi dah tau kalo mereka anak adopsi).Nakal disini bukan nakal pada umumnya lo. Bener-bener yang tidak menghormati orang tua gitu deh. Sak karepe dewe. Untuk lebih meresapi kenakalan tuh anak2 lebih baek nonton sendiri deh tu reality show. Yang baru akan pertama kali liat selamat ber “haaaa…?” n merinding disko…hehe kayak nonton film horror aja.

Menurut weed sih nanny 911 tu reality show yang penuh dengan makna edukasi. Beda banget deh ma reality show yang diputer di channel tetangga yang tentang mak comblang lah, kontak jodoh lah, backstreet lah, yang seputar cinta gitu deh. Ga mendidik n ga real. Ya gimana mo real kalo perilaku mereka tuh dah kentara banget kalo acting. Hiyyyy najong deh. Jadi sodara2 ku lebih baek kalian nonton nanny 911 aja ya. Sapa tau entar kalian pada punya anak n jangan ‘mpe salah asuhan gitu (haha jadi inget seseorang yang katanya salah asuhan. Hasilnya unik banget tu orang. Unik yang menjurus ke aneh. Hahaha….peace ;P).


2 comments:

herp said...

kalo aku anak baik2 kan nanny weed?

Anonymous said...

Kalo Herp mah udah pasti butuh penanganan yg berkelanjutan dari Nanny Weed..